Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat CV & Surat Lamaran

Pada kali ini kami akan memberikan beberapa Tips untuk CV yang akan dibuat. Pastikan CV yang kita buat memberikan kesan dan jadi bahan pertimbangan tim rekrutmen agar bisa menjadi salah satu kandidat yang diunggulkan. Berikut beberapa hal yang perlu dihindari saat membuat CV anda :

  1. Objektif atau tujuan

Untuk para pencari kerja ada kalanya mereka atau anda merasa perlu menuliskan atau gambaran pekerjaan mereka. Ini sebaiknya dihindari dikarenakan perusahaan yang kita tuju itu justru sedang mencari mencari seseorang yang bisa memenuhi kriteria perusahaan itu sendiri.

  1. Informasi pribadi

Tidak perlunya mencantumkan informasi yang dianggap kurang relevan terhadap kebutuhan infomasi yang dibutuhkan tim rekrutmen, seperti informasi jumlah anak, atau afiliasi politik dalam CV. Dan jika kamu punya Blog ataw website yang berhubungan dengan perusahaan terkait itu bisa jadi bahan pertimbangan.

  1. Gaji yang diinginkan

Untuk masalah ini cukup sering kita gunakan dalam pembutan CV dimana kita mencantumkan gaji yang kita inginkan tanpa ada permintaan dari pihak rekrutmen perusahaan. Dalam hal ini alangkah lebih baik dinegosiasikan saat waktu yang tepat misalnya saat interview user.

  1. Kelemahan

Di saat melakukan pembuatan CV hindari menginformasikan kelemahan pribadi yang berhubungan dengan pekerjaan tanpa tim rekruitmen meminta informasi tersebut. Alangkah lebih baiknya kita lebih focus terhadap kelebihan dan skill yang kita punya.

Selanjutnya ini beberapa hal penting ketika menulis CV :

  1. Gunakan CV yang berbeda dengan perusahaan yang berbeda saat kita melamar pekerjaan dibeberapa perusahaan. Hal ini akan membuka peluang yang besar dibandingkan anda mengirim memakai CV yang sama ke semua perusahaan yang sama.
  2. Jangan lupa anda memakai surat lamaran. Didalam surat lamaran ini menjadi tempat “mejual diri anda” untuk menunjukan skill yang kita punya dan memperkenalkan diri secara lebih rinci.
  3. Berikan informasi lengkap tentang pengalaman pekerjaan anda terdahulu, jangan hanya memberikan nama perusahaan saja dan lama berkerja. Lebih baik anda melengkapi informasi tentang job desk yang jelas dan mencantumkan prestasi  yang anda peroleh di perusahaan anda sebelumnya.
  4. Perhatikan tata cara penulisan anda dari penyebutan nama, gelar atau yang lainnya yang dianggap penting.
  5. Ini yang lebih penting, jangan sampai didalam CV ataw di surat lamaran yang kita pakai ada yang dilebih lebihkan atau membual. Karena ini akan menjadi boomerang saat anda lolos ke tahap selanjutnya dan anda akan masuk proses interview, biasanya kalaw kita membual ditahap ini akan terlihat saat ada kejanggalan.

Mungkin informasi diatas yang dianggap kami perlu diperhatikan saat membuata CV. Semoga anda semua mendapatkan posisi perkerjaan yang sesuai dengan keinginan pribadi.

Silahkan download CV terbaru kita disini